Cage Free Indonesia adalah pergerakan yang diinisiasi Animal Friends Jogja untuk meningkatkan kesadaran publik tentang kesejahteraan hewan yang diternak dan menghapuskan sistem kandang baterai yang kejam di Indonesia. 

Jutaan ayam yang digunakan dalam industri produksi telur di Indonesia menghabiskan seluruh hidupnya dalam kerangkeng kawat sempit yang dikenal sebagai “kandang baterai”. Terkerangkeng dalam kandang ini, ayam-ayam dipaksa untuk bertelur terus menerus sepanjang hidupnya dan sama sekali tidak dapat menunjukkan perilaku alami yang penting untuk kesehatan dan kebahagiaan hidupnya seperti berjalan-jalan, mengepak dan merentangkan sayap, mengais-ngais tanah untuk mencari makan, bersarang, atau berjemur dan mandi debu di bawah sinar matahari. Setiap kandang memuat 2 hingga 4 ayam, dan setiap ayam hanya memiliki ruang yang lebih kecil dari selembar kertas A4. 

Praktik pengurungan intensif yang kejam ini—yang hanya memperlakukan ayam sebagai “mesin produksi telur”—tidak hanya mengabaikan kesejahteraan hewan tetapi juga menyebabkan risiko keamanan pangan dan penyakit hewan seperti flu burung.

Karena kekejaman ini, kandang baterai telah dilarang di seluruh Uni Eropa, Bhutan, Selandia Baru dan berbagai negara bagian Amerika. Kanada juga sudah berkomitmen untuk secara bertahap mengakhirinya. 

Ini waktunya bagi Indonesia untuk memperlakukan hewan yang diternak dengan lebih baik; menghentikan kekejaman kandang baterai dan beralih ke sistem yang lebih memperhatikan kesejahteraan hewan seperti sistem bebas kandang (cage  free) dan umbaran (free-range).

Animal Friends Jogja adalah anggota Open Wing Alliance (OWA). OWA adalah koalisi yang beranggotakan lebih dari 50 organisasi di seluruh dunia yang telah bergabung untuk membebaskan ayam-ayam petelur dari kandang baterai yang kejam. Kami berbagi strategi, taktik, dan sumber daya untuk kampanye kami di seluruh dunia, untuk memenuhi tujuan bersama: mengakhiri praktik terburuk dalam industri peternakan dan membangun dunia yang lebih welas asih.