Burger King akhirnya mulai menerapkan kebijakan bebas kandang di Indonesia! Tentu ini menjadi kabar gembira karena kesadaran akan kesejahteraan hewan ternak mulai diperhatikan oleh industri cepat saji sebesar Burger King. Disaat bersamaan ini menjadi langkah kecil dari Animal Friends Jogja, sebagai bagian dari Open Wing Alliance, untuk membuat Burger King berkomitmen bebas kandang secara global. Kami terus mengupayakan agar Burger King di banyak negara lain turut berhenti melanggengkan penderitaan dan siksaan kepada ayam petelur.

Telur-telur yang digunakan Burger King didapatkan dari industri peternakan yang memenjarakan ayam dalam sebuah kandang setara ukuran kertas A4. Dalam kandang yang kotor dan kecil ini, para ayam tidak dapat bergerak bebas atau sekedar mengepakkan sayap mereka. Bahkan, tidak jarang ayam petelur ini mengalami patah dan deformitas tulang, kerontokan bulu parah, dan kelelahan hingga berujung kematian. 

Kesadaran masyarakat dan permintaan telur bebas kandang yang terus naik seharusnya menjadi salah satu faktor yang membuka mata perusahan besar untuk mulai berkomitmen menggunakan telur bebas kandang. Tidak sedikit perusahaan besar berskala internasional seperti Unilever, Nestle, Shake Shack, dan Aldi telah berkomitmen untuk mulai mendapatkan rantai pasok telur dari peternakan ayam bebas kandang.

Sehingga, Open Wing Alliance meluncurkan kampanye untuk menuntut Burger King berkomitmen melakukan kebijakan bebas kandang secara global pada tanggal 27 Oktober 2020 lalu. Bersama 84 organisasi perlindungan satwa lain di seluruh dunia, kami menargetkan agar Burger King dan brand yang tergabung dalam Restaurant Groupds Brands International (RBI) mulai bertanggungjawab untuk meningkatkan kesejahteraan satwa ternak yang ada dalam rantai pasok telur mereka dan meninggakan sistem kerangkeng.

Dalam kampanye skala internasional yang dilakukan secara serentak ini, kami menuntut agar para ayam petelur mendapatkan hak mereka dengan kebijakan bebas kandang. Ini berarti mengganti rantai pasok telur RBI dari peternakan bebas kandang yang menggunakan sistem free-range. Sehingga, para ayam dapat berjalan dengan bebas, mengepakkan sayap mereka, dan bertelur di sarang sesuai kebiasaan alami ayam. Dan tidak hanya memberikan kehidupan yang lebih baik dan lebih sehat untuk ayam petelur, tetapi telur bebas kandang pun lebih sehat untuk dikonsumsi karena resiko penyebaran bakteri yang lebih kecil.

Categories: Cage-Free

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *